Tunggu bentaar aja...
   

Gejala Asma dan Tips Menghindarinya

15 Oktober 2011 | 07.04.00 WIB


Adapun tanda dan gejala penyakit asma diantaranya :

  1. Pernafasan mengeluarkan bunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation). Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya berbunyi adalah penderita asma!
  2. Mengalami sesak nafas karena  penyempitan saluran bronki (bronchiale).
  3. Sering batuk berkepanjangan terutama di waktu malam hari atau cuaca dingin.
  4. Beberapa  keluhan penderita yang merasakan dada sempit..
  5. Untuk serangan asma yang hebat dapat mengakibatkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.

Sedangkan pada anak-anak, gejala awal dapat berupa rasa gatal dirongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan yang berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.

 Cara Menghindari  Asma

Cara yang dapat dilakukan ialah menghindarkan diri faktor-faktor penyebab yang memicu timbulnya serangan asma itu sendiri. Setiap penderita umumnya memiliki ciri khas tersendiri terhadap hal-hal yang menjadi pemicu serangan asmanya.

Setelah serangan asma, apabila penderita sudah merasa dapat bernafas dengan lancar, tetap disarankan untuk meneruskan pengobatannya sesuai obat dan dosis yang diberikan oleh dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar