Tunggu bentaar aja...
   

8 Masalah Utama Gigi dan Mulut Masyarakat Dunia

26 September 2011 | 17.01.00 WIB


Sesuai dengan lembar pemeriksaan kesehatan gigi yang dipakai oleh Birmingham dental hospital, Inggris, seputar permasalahan gigi dan mulut, di temukan adanya 8 masalah utama gigi dan mulut yang dialami sebagian besar masyarakat di dunia. Apa saja sih? Yuk, kita kenali lebih dekat lagi!

1. Gigi berlubang
Gigi berlubang disebabkan karena adanya plak yang merupakan kumpulan sisa makanan & bakteri. Bakteri mengubah sisa makanan menjadi asam yang  merusak email gigi hingga menyebabkan gigi berlubang.

2. Noda pada gigi
Seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna seperti teh, kopi, dan lain-lain dapat menyebabkan noda pada gigi.

3. Email gigi lemah
Kekurangan mineral seperti kalsium dan fluoride dapat menyebabkan email gigi lemah. Selain itu, banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar manis dan asam tinggi seperti soda, kunyit, asem jawa, cuka, dan lainnya dapat mengikis lapisan email gigi.

4. Napas tidak segar
Tak ada yang lebih buruk dibandingkan napas tak segar di pagi hari yang disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi dan jutaan bakteri yang tumbuh di dalam mulut. Namun, bau mulut atau halitosis dapat juga disebabkan oleh adanya penyakit di rongga mulut.

5. Pembengkakan gusi
Bakteri yang terkumpul di sela-sela gusi dan gigi dapat mengiritasi gusi sehingga gusi infeksi dan meradang. Apabila tidak segera diobati akan dapat mengakibatkan gigi tanggal dan juga dapat berujung ke penyakit jantung, paru-paru dan diabetes.

6. Plak
Plak adalah lapisan tipis pada permukaan gigi yang merupakan kumpulan bakteri dan sisa makanan. Bila dibiarkan, plak akan menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulout seperti lubang pada gigi dan radang gusi

7. Tartar
Tartar adalah plak yang mengeras. Tartar  menjadi tempat berkembangnya bakteri. Sekali terbentuk, tartar tak bisa dihilangkan dengan sikat gigi

8. Permasalahan bakteri
Hal-hal yang memicu pertumbuhan bakteri secara pesat adalah karena kurangnya perawatan pada gigi dan mulut untuk menjaga kebersihan seperti menyikat gigi tidak dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar.

sumber: tanyapepsodent.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar