Tunggu bentaar aja...
   

Makanan-makanan Pencegah Kanker Pankreas

07 Oktober 2011 | 06.53.00 WIB


Kanker Pankreas merupakan Kanker paling mematikan ke empat yang menyerang pria dan wanita. Di kalangan medis dikenal sebagai 'silent killer'. Sebanyak 38.000 orang Amerika akan terdiagnosa kanker pankreas dan 34.000 diantaranya akan mati karenanya.

Sebagaimana dilansir detikFood, agar terhindar dari penyakit mematikan ini, ada baiknya makanlah secara teratur beberapa jenis makanan sehat bernutrisi tinggi berikut ini:

Yoghurt
Probiotik atau bakteri baik pada yoghurt merupakan makanan penting untuk diet pankreas. Selain itu, nutrisi yogurt juga bisa membantu menjaga keseimbangan sistem pencernaan serta membantu mempertahankan tingkat kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. 

Sup sayur
Makan sup sayur tanpa daging merupakan pilihan tepat. Buatlah sup sayur dengan campuran makanan yang kaya akan antioksidan seperti tomat. Sebab, kandungan antioksidan pada tomat bisa memelihara serta meningkatkan kesehatan pankreas.

Bayam
Makan bayam berupa salad atau diolah apapun, tidak hanya enak, tetapi juga nutrisi dahsyatnya mampu memelihara pankreas menjadi lebih sehat.

Blueberry
Antioksidan pada blueberry mampu membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa memicu sejumlah penyakit kronis lainnya. Makan buah blueberry segar secara teratur bisa memperlancar sistem pencernaan dan mencegah terjadinya kanker pankreas.

Minum atau makan buah anggur
Minum red wine secara teratur bisa membuat tubuh terhindar dari kanker. Kandungan antioksidan dan resveratrolnya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jika menghindari alkohol, buah anggur berwarna merah segar juga bisa jadi pilihan baik yang sama khasiatnya.

Tahu
Penyebab utama kanker pankreas ialah aliran darah yang tidak lancar karena saluran pencernaan mengandung kadar lemak tinggi. Karena itu, cobalah untuk tidak banyak makan daging dan menggantinya dengan tahu. Protein nabati pada tahu sama baiknya dengan daging merah.

Jamur reishi merah
Jenis jamur ini baik untuk keseimbangan sistem kekebalan tubuh dan bisa mencegah terjadinya peradangan serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Diet rendah lemak
Agar tubuh terhindar dari penyakit kanker, cobalah terapkan diet rendah lemak dengan mencukupi kebutuhan lemak pada tubuh tidak lebih dari 40g setiap harinya. Selain itu, hindari mengkonsumsi kafein, tembakau, makanan pedas, mentega, keju, gorengan, daging, alkohol, serta makanan yang mengandung gas tinggi secara berlebih agar terhindar dari peradagan pankreas

1 komentar:

kanker pankreas mengatakan...

terimakasih artikel ini sangat membantu

Posting Komentar